GarudaFood Terima sertifikat Authorized Economic Operator (AEO) dari Direktorat Jenderal Bea Cukai

GarudaFood Group diwakili oleh Bp. Bambang Lukito Head of SupplyChain Management(SCM) menerima sertifikat Authorized Economic Operator (AEO) dari Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC), yang diserahkan oleh Bapak Heru Pambudi (Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan) pada Rabu (11/10/2017) di JIEXPO Kemayoran, Jakarta. Dengan didapatkannya sertifikat ini, GarudaFood Group bersama 19 perusahaan lainnya secara otomatis akan mendapatkan fasilitas kemudahan dalam transaksi ekspor-impor antar perusahaan di negara lain yang juga menerapkan sistem AEO. AEO merupakan sertifikasi operator ekonomi yang mendapat pengakuan oleh dan atas nama administrasi kepabeanan nasional. Hal ini menandakan yang bersangkutan telah memenuhi standard pengamanan dan fasilitasi perdagangan global (WCO SAFE Framework of Standards/ FoS).

Adapun, operator ekonomi tersebut berasal dari pihak-pihak yang terlibat dalam pergerakan barang internasional dalam berbagai fungsi rantai pasokan global. AEO bisa terdiri dari importir, eksportir, pengusaha pengurus jasa kepabeanan (PPJK), pengangkut, pengusaha Tempat Penimbunan Sementara (TPS), pengusaha Tempat Penimbunan Berikat (TPB) dan pihak lainnya yang terlibat dalam pergerakan barang dan jasa.

Hingga saat ini, program yang lahir dari inisiatif World Customs Organization (WCO) bertujuan untuk mengamankan rantai pasokan logistik dalam perdagangan internasional, telah disepakati, diakui dan diimplementasikan oleh sekitar 160 negara di dunia, salah satunya Indonesia.


Connect with us
Our channels:
Copyright © GarudaFood 2011. All Rights Reserved