NEWS
GarudaFood Berikan Terapi Trauma Healing untuk Korban Gempa Lombok


Relawan GarudaFood Sehati dari Kampung Dongeng melakukan trauma healing dengan media dongeng untuk anak-anak di tenda pengungsi desa Tebango, Lombok Utara.

Kamis, 9 Agustus 2018 tim GarudaFood Sehati dan Kampung Dongeng tiba di Bandara Internasional Lombok tepat pukul 09:30 WITA. Sesampainya di lokasi kami langsung menuju ke daerah pusat titik gempa di Lombok Utara. Perjalanan yang akan ditempuh dari bandara hingga ke Lombok Utara lumayan jauh dengan waktu tempuh 1,5 jam. Sepanjang perjalanan dari bandara, hingga kota Mataram tidak terlihat dampak yang berat, keadaan bangunan masih utuh hanya saja banyak dari warga yang trauma dan lebih memilih untuk membangun tenda dan tidur di teras-teras rumah ataupun di tanah lapang, dari pada harus tidur di dalam rumah walaupun rumah mereka masih utuh. Kemudian, mendekati daerah perbatasan mengarah ke Lombok Utara kami mulai melihat bangunan yang runtuh, bahkan gedung tinggi yang patah karena gempa, banyak warga yang meminta bantuan kepada pengguna jalan dengan kardus kosong di depan rumahnya yang sudah hancur rata dengan tanah. Keadaan begitu menyedihkan, untuk mandipun tidak bisa, karena tidak ada sama sekali air bersih, beberapa dari mereka terpaksa menggunakan air keruh yang kurang baik bagi kesehatan untuk kebutuhan sehari-hari, ditambah lagi dengan ulah manusia yang tidak bertanggung jawab merampok harta para pengungsi.

Pukul 11:57 WITA GarudaFood Sehati dan Kampung Dongeng Indonesia tiba di tenda pengungsian utama Vihara Jayawijaya, Dusun Tebango-Lombok Utara. Suasana Lombok kala itu terasa begitu tenang walaupun masih ada rasa pilu dan trauma yang menyelimuti warga di tenda-tenda pengungsian. Kami diantar oleh Bapak Metawadi (Kordinator Pengungsi Desa Tebango) untuk berkeliling di kampung Jeliman Ireng dan melihat sendiri rumah rumah warga yang memang sudah rata dengan tanah, yang ada di fikiran kami langsung membayangkan betapa dahsyat dan paniknya warga kala gempa besar itu datang. Ketika kami sedang menyusuri rumah-rumah Pukul 12:26 WITA tidak terduga tanah Lombok kembali diguncang gempa dengan kekuatan 6,2 Skala Richter. Kami mendengar berita dari BASARNAS bahwa titik gempa siang itu berada sangat dekat dengan lokasi kami berdiri dan dampak gempa siang itu sangat terasa hingga ke daerah Lombok Barat.

Ini merupakan pengalaman pertama tim GarudaFood Sehati dan Kampung Dongeng Indonesia merasakan secara langsung dahsyatnya gempa di Lombok. Ditengah was-was dan masih kaget karena gempa susulan, tim GarudaFood Sehati dan Kampung Dongeng tetap optimis untuk tujuan utama yaitu melakukan Trauma Healing untuk para adik-adik dipuluhan titik-titik pengungsian Lombok Utara dari tanggal 9 Agustus hingga 14 Agustus 2018. Kegiatan trauma healing sangat penting dilakukan mengingat dampak yang ditimbulkan pasca kejadian bencana sangat besar bagi pertumbuhan terutama psikologis dan sosio emosional pada anak-anak. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memotivasi anak-anak untuk tidak takut dan tetap waspada ketika bencana datang. Selain itu, GarudaFood juga memberikan bantuan produk berupa snack biskuit dan minuman jelly untuk ribuan korban yang difokuskan pada internal karyawan serta masyarakat luas.

Akibat gempa, jumlah korban terus bertambah. Hingga Minggu, 12 Agustus 2018, tercatat 392 orang meninggal dunia, 1.353 orang luka-luka, di mana 783 orang luka berat dan 570 orang luka ringan. Gempa juga memaksa ratusan ribu orang mengungsi.


Connect with us
Our channels:
Copyright © GarudaFood 2011. All Rights Reserved