Pemilihan Jagoan Cerdas Indonesia 2012 Bersama Clevo dan Koran BERANI


Jakarta, 14 Maret 2012

Konsep dan tujuan penyelenggaraan pemilihan “Jagoan Cerdas Indonesia 2012” adalah memilih anak-anak SD yang memiliki bakat dan kecerdasan lebih dari satu. Pengertian kecerdasan diambil dari teori multiple intelligences, yang dikembangkan oleh Howard Gardner, dalam dua bukunya, Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences (New York, 1983) dan Multiple Intelligences: The Theory In Practice (New York, 1993).

Menurut Gardner, sekurang-kurangnya terdapat delapan jenis kecerdasan yang dapat dikembangkan oleh anak-anak. Delapan intelligences itu adalah (1) kecerdasan verbal-linguistik (kemampuan menguraikan pikiran dalam kalimat-kalimat, presentasi, pidato, diskusi, tulisan), (2) kecerdasan logika-matematika (kemampuan menggunakan logika-matematika dalam memecahkan berbagai masalah), (3) kecerdasan visual- spatial (kemampuan berpikir tiga dimensi), (4) kecerdasan kinestetik (ketrampilan gerak, menari, olahraga), (5) kecerdasan musik (kepekaan dan kemampuan berekspresi dengan bunyi, nada, melodi, irama), (6) kecerdasan intrapersonal (kemampuan memahami dan mengendalikan diri sendiri), (7) kecerdasan interpersonal (kemampuan memahami dan menyesuaikan diri dengan orang lain), dan (8) kecerdasan lingkungan (kemampuan memahami dan memanfaatkan lingkungan).

“Pendaftaran untuk mengikuti pemilihan Jagoan Cerdas Indonesia 2012 bersama Clevo dan Koran BERANI ini sudah dibuka sejak bulan Oktober hingga bulan Desember 2011. Jumlah peserta yang mendaftar mencapai lebih dari 4.000 anak,” ungkap Sapto Nugroho dari Koran BERANI yang menjadi ketua pelaksana pemilihan “Jagoan Cerdas Indonesia 2012”, Sabtu (10/3) lalu. “Maka, kami kemudian mengadakan seleksi melalui audisi di 10 kota untuk memilih lima terbaik dari masing-masing tempat. Mereka ini menjadi calon finalis yang nanti diseleksi lagi untuk masuk dalam 30 finalis Jagoan Cerdas 2012. Ke-30 finalis inilah yang akan mengikuti karantina di Jakarta mulai Jum’at, 16 Maret, hingga malam Grand Final di studio MNC TV Rabu, 21 Maret,” tambahnya.

 “Multi Talent”

Sejak Januari 2011, panitia pemilihan “Jagoan Cerdas Indonesia 2012 bersama Clevo dan Koran BERANI”, telah mulai mengadakan audisi di beberapa kota di Indonesia. Mereka mengunjungi Banjarmasin (15/1), Bandung (21/1), Yogyakarta (28/1), Semarang (29/1), Palembang (4/2), Surabaya (11/2), Manado (18/2), Jakarta  (25/2), Depok (26/2), dan Denpasar (3/3).

Sebanyak 52 anak-anak yang memiliki berbagai bakat dan kecerdasan, berhasil lolos dalam audisi tersebut.

“Seleksi selama audisi di 10 kota itu sangat ketat. Para juri, yang selalu didampingi oleh seorang psikolog, kagum terhadap bakat dan kecerdasan yang dimiliki oleh anak-anak,” ungkap Doni Koesoema A, ketua juri pemilihan Jagoan Cerdas Indonesia 2012, Sabtu (10/3). “Semua yang menjadi lima terbaik di setiap kota, memiliki bakat dan kecerdasan lebih dari satu. Ada yang punya kecerdasan musik dan sekaligus punya kecerdasan kinestetik. Ada yang pandai matematik dan sekaligus pandai menyanyi dan public speaking. Pemilihan Jagoan Cerdas ini memang bukan untuk mencari penyanyi terbaik atau penari terbaik, tetapi untuk mencari anak-anak yang memiliki beberapa bakat dan kecerdasan secara seimbang,” tambahnya.

Dari 52 anak yang lolos pada audisi di 10 kota ini, panitia kemudian mengadakan rapat untuk menentukan 30 finalis yang akan ikut serta dalam karantina. Semua score hasil dalam audisi, data portfolio, serta hasil psikotest dari ke-52 anak yang diadakan setelah audisi di masing-masing kota itu, dianalisa kembali oleh juri yang dibantu oleh tim khusus.

Hasilnya, terpilih 30 anak dari berbagai kota yang memiliki aneka bakat dan kecerdasan lebih dari satu. Mereka inilah yang akan datang ke Jakarta untuk mengikuti karantina, di mana mereka akan mendapat berbagai pembekalan dan pelatihan dalam bidang jurnalistik, public speaking, hak-hak anak, koreografi, manner dan etiket, serta product knowledge. Mereka juga akan ber-outbound, dan tentu saja akan bertemu dengan Menteri Negara Permberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Ibu Linda Amalia Sari Gumelar, dan Wakil Presiden RI, Prof. Dr. Boediono, di Istana Wapres.

Selama karantina tersebut, para finalis akan menampilkan bakat-bakat mereka dalam sebuah acara “Talent Night”. Mereka juga akan menjalani wawancara pribadi dengan sebuah tim psikolog, yang dipimpin oleh Ibu A. Kasandra, guna melihat secara lebih mendalam potensi bakat dan kecerdasan yang sudah mereka miliki.

“Kami mengharapkan anak-anak ini nantinya sungguh menjadi orang yang mampu memberi makna bagi kehidupan masyarakat di sekitarnya. Mereka ini sudah memiliki bakat  dan kecerdasan yang baik. Orangtua, sekolah, teman-teman, dan lingkungan di sekitar merekalah yang akan ikut menentukan masa depan anak-anak itu,” ungkap Doni Koesoema, yang juga dikenal sebagai pakar dalam pendidikan karakter.

 

Jagoan Cerdas yang Kedua

Pemilihan “Jagoan Cerdas Indonesia 2012” ini merupakan sebuah kerjasama yang kedua kalinya antara Koran Anak BERANI dengan GarudaFood sebagai produsen produk makanan dan minuman yang salah satunya adalah susu UHT (ultra high temperature) dengan merk Clevo.

Kegiatan ini merupakan sebuah upaya untuk menampung kreativitas dan dinamika anak-anak cerdas Indonesia. Mereka didorong untuk mengembangkan seluruh bakat (talent) dan berbagai kecerdasan (intelligences) yang sudah mereka miliki dan mereka latih.

“Clevo memiliki visi untuk mengedukasi anak-anak agar berani menunjukkan potensi diri, termasuk untuk memberikan penyadaran kepada orang tua agar mampu melihat dan mendukung potensi serta bakat anak,” ujar Hardianto Atmadja, Vice President GarudaFood Group. Ia juga menambahkan bahwa melalui program ini, anak-anak tersebut akan didorong, diberi motivasi, dan dilatih untuk mengembangkan seluruh potensi dan bakat yang ada di dalam diri mereka.

Dengan mengusung tema “Makin Jago dengan Clevo”, Clevo mengajak anak-anak Indonesia untuk tidak takut berekspresi menyalurkan bakat dan minatnya dalam bidang apapun. Clevo juga akan membantu anak-anak Indonesia untuk selalu berprestasi dengan memberi dukungan nutrisi, karena kandungan produk ini tinggi KOLIN dan tinggi KALSIUM. Kolin berperan penting dalam perkembangan fungsi otak terutama perkembangan memori dan kecerdasan. Sedangkan kalsium berperan penting bagi pertumbuhan anak. Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2009, Clevo mendapat respon yang bagus dari masyarakat terutama di kalangan anak-anak.

Sementara itu, H.Witdarmono, pendiri Koran Anak BERANI menjelaskan, “Kami ingin mempersiapkan anak-anak Indonesia agar mereka mampu untuk menghadapi dinamika globalisasi, yang dengan pertumbuhan dan perkembangannya, menuntut sebuah corak kemanusiaan baru. Dunia kehidupan masa kini dan masa depan membutuhkan manusia-manusia yang mampu mengembangkan multiple intelligences atau kecerdasan majemuk dan sekaligus gigih mengasah bakat-bakat yang telah dimilikinya secara kreatif. Intinya, supaya bangsa kita maju, dibutuhkan sebuah generasi anak-anak yang cerdas”.

Witdarmono mengatakan, yang dimaksud dengan anak-anak cerdas adalah anak-anak yang memiliki pengetahuan luas dan tajam pikirannya. Dalam belajar mereka cermat dan memahami alur logika. Mereka juga memiliki kesadaran diri yang kuat dan mampu memahami orang lain. Dalam pergaulan, anak-anak itu sudah bisa memberikan saran praktis dan bahkan bisa mengambil keputusan, meski masih sangat sederhana.

“Biasanya anak-anak cerdas itu juga peduli dengan lingkungan di sekitar mereka, serta mampu memaksimalkan kemampuan panca indra serta anggota tubuh mereka secara kreatif. Mereka adalah anak-anak yang mandiri,” ungskap Witdarmono.

Sebagai pendiri Koran Anak BERANI, Witdarmono menjelaskan, kemandirian, kecerdasan serta intelegensia anak dapat diasah melalui pengembangan reading literacy dan creative writing. Dua hal ini menjadi dasar dan tujuan penerbitan Koran BERANI. “Saat ini produk kami adalah koran mingguan BERANI, majalah BERANI Mag yang terbit 2 minggu sekali dan BERANI Online (www.berani.co.id). Semuanya diarahkan untuk menjadi sarana pendidikan anak,” tambahnya.

Sesuai Misi

Sementara itu, Philipus Nugroho W , Brand Manager Clevo, menjelaskan bahwa pemilihan Jagoan Cerdas ini sangat sesuai dengan tagline Clevo, yaitu “Makin Jago dengan Clevo”. Nama Clevo sendiri merupakan gabungan dari beberapa ungkapan yang mencerminkan anak yang jagoan, yaitu Clever (pintar), punya Leadership (kepemimpinan), Energetic (bersemangat), memiliki Vision (pandangan ke depan), dan Optimistic (optimis),” demikian ungkap Nugroho, yang dengan setia menjadi juri di 10 kota tempat audisi.

“Setiap anak itu sudah terlahir dengan bakat yang berbeda-beda. Keberhasilan mereka di masa depan sangat tergantung pada kreativitas dalam pengembangan bakat-bakat tersebut. Di sinilah, kami dan kita semua terpanggil untuk terlibat,” kata Nugroho.

Clevo merupakan produk susu dalam kemasan dari GarudaFood, sebuah perusahaan industri makanan dan minuman terkemuka di Indonesia. GarudaFood  merupakan salah satu perusahaan makanan minuman terdepan di Indonesia. Saat ini  GarudaFood telah memimpin pasar pada berbagai kategori, antara lain: merek Garuda untuk kategori kacang, Okky untuk kategori minuman berbasis jelly, Mountea untuk kategori minuman berbasis teh dan Chocolatos untuk kategori wafer stick premium. GarudaFood juga mulai diperhitungkan  di kategori biscuit dengan merek Gery dan makanan ringan dengan merek Leo.  Untuk pasar global, GarudaFood melebarkan bisnisnya ke lebih dari 30 negara di Asia, Eropa, Afrika, Australia dan Timur Tengah. GarudaFood juga sudah beroperasi di China dan India dengan membangun pabrik, distribusi & brand di kedua negara tersebut yang merupakan bagian dari rencana jangka panjang kami untuk menjadi pemain Regional

Grand Final Jagoan Cerdas Indonesia 2012 akan diadakan di studio MNC TV hari Rabu, 21 Maret 2012 dipandu oleh Amel Carla dan Yossie Project Pop, serta dimeriahkan oleh  Cowboy Junior, Project Pop dan CherryBelle. (*)


Connect with us
Our channels:
Copyright © GarudaFood 2011. All Rights Reserved